Pengertian Molekul Atom Elektron Proton dan Neutron

Home » Daftar Isi » Pengertian Molekul Atom Elektron Proton dan Neutron


Pengertian molekul atom elektron proton dan neutron gokako elektro blogspot
Ilustrasi Molekul
Sebelum Kita mempelajari ilmu elektronika lebih lanjut ada baiknya terlebih dahulu mengetahui tentang apa itu Molekul, Atom, Elektron, Proton dan Neutron, karena pengetahuan tentang ilmu elektron itulah yang menjadi dasar dari ilmu elektronika.
Sebagaimana kita tahu bahwa ilmu elektronika merupakan cabang dari ilmu fisika.




Molekul

Pengertian molekul atom elektron proton dan neutron gokako elektro blogspot
Molekul Air (H2O)
Molekul adalah kumpulan dua atom atau lebih yang saling berkaitan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil, baik dari unsur yang sama ataupun unsur yang berbeda.

Contoh molekul dari unsur yang berbeda adalah molekul air yang terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen (H2O)

Contoh molekul dari unsur yang sama adalah;
  • Molekul Oksigen (O2) terdiri dari dua atom Oksigen
  • Molekul Ozon (O3) terdiri dari tiga atom Oksigen

Atom

Pengertian molekul atom elektron proton dan neutron gokako elektro blogspot
Atom Karbon
Atom adalah partikel penyusun suatu benda yang berukuran sangat kecil, dalam setiap atom terdapat sub-atom atau partikel penyusun atom yang ukurannya lebih kecil lagi yaitu elektron, proton dan neutron. Dapat didefinisikan atom adalah suatu satuan dasar materi yang terdiri atas inti atom (nukleus) serta awan elektron bermuatan negatif yang menglilinginya. Inti atom (nukleus) terdiri atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang brmuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen -1, yang tidak memiliki neutron).
Atom yang mengandung jumlah elektron dan proton yang sama akan bermuatan netral.
Sedangkan atom yang mengandung jumlah elektron dan proton yang berbeda akan bermuatan positif atau negatif tergantung yang lebih banyak elektronnya atau protonnya dan atom yang seperti ini disebut "ion".


Elektron

Pengertian molekul atom elektron proton dan neutron gokako elektro blogspot
Tesla Coil
Elektron adalah partikel sub-atom yang bermuatan negatife dan umumnya ditulis sebagai e- Elektron memiliki massa sekitar 1/1836 massa proton. Teori elektron merupakan teori dasar listrik dan kelistrikan, dalam kamus besar bahasa Indonesia, elektron di definisikan sebagai muatan listrik negatif yang merupakan bagian dari atom. Teori elektron dapat digambarkan sebagai berikut:
Jika anda memiliki sebatang plastik atau ebonit, gosokan ke rambut, setelah itu dekatkan batang ebonit atau plastik tersebut pada potongan-potongan kertas yang kecil, maka potongan-potongan kertas itu akan tertarik dan menempel pada batang ebonit tersebut. Hal yang sama juga bisa terjadi pada sebatang kaca yang di gosok dengan kain sutra.
Ini merupakan asal-muasal teori elektron yang paling sederhana. Batang plastik dan kaca dapat menarik potongan-potongan kertas tersebut disebabkan karena setelah di gosok benda tersebut menjadi bermuatan listrik.
Seperti juga pada petir atau kilat, disitu terjadi loncatan elektron dalam jumlah yang sangat besar hingga menimbulkan cahaya dan suara ledakan.

Proton

Pengertian molekul atom elektron proton dan neutron gokako elektro blogspot
Atom
Proton adalah partikel subatomik dengan muatan positif sebesar 1,6 × 10−19 coulomb dan massa 938 MeV (1,6726231 × 10-27 kg, atau sekitar 1.836 kali massa sebuah elektron). Banyaknya proton di bagian inti biasanya akan menentukan sifat kimia suatu atom. Inti atom sering dikenal juga dengan istilah nukleus atau nukleon (nucleon), dan reaksi yang terjadi atau berkaitan dengan inti atom ini disebut reaksi nuklir.

Nuetron

Pengertian molekul atom elektron proton dan neutron gokako elektro blogspotNeutron atau netron adalah partikel subatomik yang tidak bermuatan (netral) dan memiliki massa 940 MeV/c² (1.6749 × 10−27 kg, sedikit lebih berat dari proton. Putarannya adalah ½. Inti atom dari kebanyakan atom terdiri dari proton dan neutron (kecuali isotop Hidrogen yang paling umum, terdiri dari sebuah proton).
Gambar diatas adalah animasi yang menunjukkan bagaimana dua atom oksigen berinteraksi membentuk molekul oksigen (O2). Awan merah yang berpendar mewakili orbital elektron tiap-tiap atom. Orbital atom 2s dan 2p atom oksigen awal dapat terlihat bergabung menjadi orbital sigma dan orbital pi, menjadikan atom terikat bersama. Orbital 1s tidak bergabung dan dapat terlihat sebagai dua bulatan kecil yang terpisah.

Berikan Nilai untuk artikel ini

Terimakasih sudah membaca artikel Kami, jangan lupa klik suka, bagikan, kirim dan tinggalkan komentar dibawah,,,, :)





Facebook ShareFacebook LikeTwitter Share

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Seri dan Paralel Resistor

Reparasi TV LG 21" Suara Bisu Model 21FL1RG-TS IC LV1116V

Tabel Kode Warna Resistor