Kapasitor (Kondensator)

Home » Daftar Isi » Komponen Elektronika » Kapasitor

Pengertian Kapasitor (Kondensator)

Pengertian kapasitor (kondensator)Kapasitor (kondensator) adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan dan melepaskan muatan listrik atau energi listrik, kapasitor juga bisa berfungsi sebagai filter/penyaring frekuensi.
Kondensator dalam ilmu elektronika diartikan sebagai alat yang dapat menyimpan tenaga listrik selama waktu tertentu. Kondensator disebut pula kapasitor.



Dielektrika

Susunan Kapasitor (Kondensator)Dalam praktek kondensator dirupakan atas dua pelat logam yang saling berhadap-hadapan dan dipisahkan oleh bahan penyekat (isolator). Penyekat (isolasi) antara dua benda bermuatan listrik ini disebut dielektrika.
Bahan penyekat pada kondensator umumnya dari mika, keramik, kertas, udara maupun cairan elektrolit. Biasanya kondensator diberi nama menurut bahan penyekatnya. Jadi ada kondensator mika, kondensator keramik, kondensator kertas, kondensator udara (baca:kondensator variabel) dan kondensator elektrolit.



Macam-macam Kapasitor (Kondensator)

Secara umum kondensator terbagi menjadi dua macam, yaitu kondensator bipolar dan kondensator nonpolar , yang dimaksud dengan kondensator bipolar adalah kondensator yang memiliki polaritas (kutub negatif dan kutub positif), sehingga pada pemasangannya harus disesuaikan dengan polaritas kondensator tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan kondensator nonpolar adalah kondensator yang tidak memiliki polaritas (kutub positif dan kutub negatif) sehingga pada pemasangannya bisa dibolak-balik.

Kalau berdasarkan perubahan nilai kapasitasnya kondensator terbagi menjadi dua macam, yaitu kondensator tetap (fixed condedsator) dan kondensator tidak tetap (variable condensaror).

Kondensator tetap (fixed condensator) artinya bahwa kondensator itu memiliki kapasitas yang tetap. Kapasitas maksudnya adalah kemampuan menyimpan tenaga listrik, dan diukur dalam satuan farad, mikro farad, piko farad ata nano farad. 

Yang termasuk kondensator tetap contohnya;
  1. Kondensator Mika,
  2. Kondensator Kertas,
  3. Kondensator Keramik,
  4. Kondensator Polyester,
  5. Kondensator Polystyrene,
  6. Kondensator Polypropylene,
  7. Kondensator Elektrolit Tantalum dan
  8. Kondensator Elektrolit Aluminium.
Sedangkan yang dimaksud dengan kondensator variabel atau kondensator tidak tetap adalah kondensator yang dapat berubah-ubah nilai kapasitasnya. Kondensator variable dapat berubah nilainya apabila diputar porosnya sehinngga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Yang termasuk kondensator tidak tetap contohnya;
  1. Kondensator variabel (variable condensator, varco)
  2. Kondensator trimmer (trimmer condensator)
Dari semua jenis kondensator diatas yang termasuk dalam kondensator bipolar adalah kondensator elektrolit (elko) dan kondensator tantalum sedang yang lainnya termasuk dalam kondensator nonpolar.


Kapasitor (Kondensator)

Artikel selanjutnya akan Kami bahas lebih detail tentang Macam-macam Kapasitor (Kondensator) Tetap dan Macam-macam Kapasitor (Kondensator) tidak Tetap.


Berikan Nilai untuk artikel ini

Terimakasih sudah membaca artikel Kami, jangan lupa klik suka, bagikan, kirim dan tinggalkan komentar dibawah,,,, :)





Facebook ShareFacebook LikeTwitter Share

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Seri dan Paralel Resistor

Reparasi TV LG 21" Suara Bisu Model 21FL1RG-TS IC LV1116V

Tabel Kode Warna Resistor