Komponen Elektronika

Home » Daftar Isi » Komponen Elektronika


Komponen elektronikaKita pasti pernah mendengar kata "komponen elektronika" dari seorang teknisi elektronik pada saat kita sedang mereparasi piranti-piranti elektronik milik kita kepadanya.
Sebenarnya apa sih komponen elektronika itu?

Komponen elektronika adalah elemen terkecil
dalam suatu rangkaian elektronika yang memiliki jenis dan fungsi yang bermacam-macam yang dibutuhkan dalam membangun dan menjalankan sebuah sirkuit elektronika agar suatu sirkuit elektronika dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Dalam suatu rangkaian elektronika pada umumnya terdiri dari komponen aktif dan komponen pasif. Setiap komponen elektronika dibuat dengan nilai dan fungsi yang berbeda berdasarkan produsen pembuat komponen elektronika tersebut.

Setiap komponen elektronika memiliki tipe, nilai dan simbol yang berbeda-beda, tipe dan nilai yang melekat pada suatu komponen elektronika memberikan arti fungsi dan pabrikan pembuatnya, sedangkan simbol komponen elektronika ditentukan berdasarkan jenis dan fungsinya tanpa membedakan pabrik pembuat komponen elektronika tersebut.

Jenis Komponen Elektronika

Jenis komponen elektronika berdasarkan cara kerjanya dibagi menjadi dua yaitu, Komponen Pasif dan Komponen Aktif.
Jika berdasarkan bentuk dan cara pemasangannya komponen elektronika juga dibedakan menjadi dua yaitu jenis SMD (Surface Mount Device) dan jenis Umum atau Reguler.

Komponen Pasif

Komponen Pasif adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak membutuhkan sumber tegangan atau sumber arus tersendiri. Komponen pasif biasanya berfungsi sebagai pembatas arus, pembagi tegangan, tank circuit dan filter pasif. Contoh dari komponen pasif diantarnya; resistor, kapsitor, induktor, saklar dan diode.

Komponen Aktif

Komponen Aktif adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya membutuhkan sumber tegangan atau sumber arus dari luar. Ada banyak tipe komponen aktif yang digunakan dalam rangkaian atau sitem elektronika. Secara umum komponen aktif dibangun mengunakan bahan semikonduktor yang didesain sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi, nilai dan kapasitas sesuai kebutuhan yang diinginkan. Beberapa contoh komponen aktif diantaranya; transistor, thyristor/SCR, tranduscer dan IC (integrated circuit).


Komponen Elektronika Jenis Umum (Reguler)


Komponen elektronikaKomponen elektronika jenis umum adalah komponen elektronika yang secara fisik memiliki pin atau kaki yang panjang ataupun sedang dengan tujuan cara pemasangannya menggunakan PCB yang berlubang, yaitu posisi komponen diletakan pada sisi atas PCB kemudian pin atau kaki komponen dimasukkan kelubang PCB untuk disolder pada jalur PCB yang terdapat pada sisi bawah PCB. 



Komponen Elektronika Jenis SMD (Surface Mount Device)


Komponen elektronikaKomponen elektronika jenis SMD (Surface Mount Device) adalah komponen elektronika yang cara pemasangannya langsung ditempel dan disolder dengan PCB pada sisi jalur PCB. Komponen elektronika jenis SMD ini memiliki pin atau kaki yang desain kecil dengan tujuan untuk dipasang pada permukaan jalur PCB. Komponen jenis SMD sering ditemui pada PCB hp dan smartphone, RAM, VGA dan pada mobo komputer dan laptop juga pada piranti2 elektronik terbaru.

Berikan Nilai untuk artikel ini

Terimakasih sudah membaca artikel Kami, jangan lupa klik suka, bagikan, kirim dan tinggalkan komentar dibawah,,,, :)





Facebook ShareFacebook LikeTwitter Share

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Seri dan Paralel Resistor

Reparasi TV LG 21" Suara Bisu Model 21FL1RG-TS IC LV1116V

Tabel Kode Warna Resistor